Senja…

060924_muslimAku menyukai warnanya, dan efek yang ditimbulkannya. Coba saja berfoto di kala senja, maka akan menghasilkan siluet diri. Asli, tapi tak tampak utuh secara visual. Senja menghasilkan tampilan fisik yang tak berwarna. Aku menyukainya.

Senja, siluet, hitam yang kumaknai adalah menjaga. Menjaga dari sosok kesempurnaan, karena memang manusia tak sempurna.

Entah apa yang kutulis. Aku hanya menyukainya, dan aku harus menuangkannya. Sampai ketemu dengan senja berikutnya.🙂

Categories: Uncategorized | Tags: , | Leave a comment

Jingga dan Senja

senjaEntah sejak kapan aku menyukai warna jingga dan langit senja.

Jingganya matahari pagi seolah2 menghangatkan jiwa2 yang terlelap, memberi semangat sebelum beraktivitas, dan menyampaikan salam gembira untuk selalu tersenyum. 

Aku juga suka jingganya senja sore. Warnanya mendamaikan, seolah2 dia memang meninggalkan kedamaian, memastikan penduduk bumi yang lelah aktivitas seharian, untuk beranjak kembali ke peraduan.

Jingga kala senja, perpaduan dua siklus yang berbeda.. seolah2 memastikan bahwa dia tidak pernah pergi meninggalkan kita.

Kalaupun pergi, dia hanya sementara… minta izin menyinari belahan bumi yang lain dan membiarkan kita beristirahat untuk sementara.

Jingga dan senja, selalu hadir dalam waktu yang singkat. Tau kenapa? Karna dia ingin memastikan bahwa tiap orang harus melakukan yang terbaik di tiap kesempatan.

Maha Besar Allah yang menciptakan kesempurnaan keseimbangan alam semesta.

Categories: Uncategorized | Tags: , | Leave a comment

Kebun Teh

DSC05929

Categories: Uncategorized | Tags: | Leave a comment

Studio Perencanaan Wilayah dan Kota

Studio perencanaan wilayah dan kota adalah mata kuliah yang merupakan gabungan dari studio perencanaan wilayah dan studio perencanaan kota. Jadi di mata kuliah ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan wilayah dan perencanaan kota. Mata kuliah studio perencanaan wilayah dan kota hampir sama dengan mata kuliah sebelumnya, yaitu studio proses, perencanaan wilayah, dan perencanaan kota, karena memang mata kuliah ini gabungan dari ketiganya. Yang membedakan hanyalah tingkat kedalaman pembahasan dan output yang dikeluarkan. Jika pada studio proses mahasiswa hanya menyelesaikan masalah dengan preskripsi, di studio perencanaan wilayah dan kota ini mahasiswa sudah sampai pada tahap memberikan indikasi program, hingga tahap design block plan  di kawasan perkotaan.

                Mata kuliah studio perencanaan wilayah dan kota ini mengambil wilayah perencanaan di Kabupaten Wonogiri. Wilayah perencanaan ini sama dengan wilayah perencanaan ketika mahasiswa belajar mata kuliah studio proses. Alasan dari pengambilan wilayah studi yang sama adalah mahasiswa dapat dengan mudah melengkapi data yang sudah diperoleh sebelumnya. Kemudian mahasiswa dapat lebih mudah mengenali wilayah studi secara mendalam. Karena mata kuliah studio perencanaan wilayah dan kota ini memiliki komponen besar, jadi mahasiswa dituntut untuk menguasai wilayah studi dalam waktu yang relative singkat.

                Mata kuliah ini memiliki dua komponen besar yang menjadi konsentrasi, yaitu praktek perencanaan dalam dimensi wilayah (supra-urban) dan praktek perencanaan yang lebih berorientasi spasial dalam dimensi wilayah perkotaan. Praktek perencanaan dalam dimensi wilayah berkaitan dengan aspek lokasi dari kegiatan ekonomi. Hal ini akan mendorong terciptanya suatu perbaikan kegiatan ekonomi yang terpadu dalam ruang wilayah dengan basis keterhubungan dengan wilayah lain. Praktek perencanaan dalam dimensi wilayah ini dilakukan dengan cara memahami isu wilayah, melakukan analisis wilayah, dan menyusun preskripsi perencanaan wilayah. Praktek perencanaan dalam dimensi perkotaan difokuskan pada perencanaan fisik yang berorientasi pada ruang. Karena kota merupakan pusat aktifitas perekonomian yang bernilai strategis sehingga diperlukan alokasi yang tepat karena ruang perkotaan memiliki karakter khusus. Dan yang menjadi tantangan adalah pertumbuhan penduduk yang terjadi di ruang perkotaan sehingga berdampak pada kebutuhan ruang yang lebih besar dari sebelumnya sesuai kebutuhan jumlah penduduk tersebut.

Praktek perencanaan dalam dimensi wilayah dilakukan untuk merencanakan struktur ruang wilayah yang merupakan kerangka tata ruang wilayah yang tersusun atas konstelasi pusat-pusat kegiatan yang berhierarki. Rencana struktur ruang wilayah ini memiliki dampak pada distribusi jumlah penduduk yang direncanakan. Karena distribusi penduduk ini akan mengarahkan perkembangan pusat-pusat permukiman di Kecamatan Nguntoronadi sehingga pusat permukiman akan tersebar secara lebih merata. Sedangkan praktek perencanaan yang berorientasi spasial dalam dimensi perkotaan dilakukan untuk merencanakan struktur ruang perkotaan yang merupakan kerangka sistem pusat pelayanan perkotaan yang berhierarki. Perencanaan ini diharapkan dapat memberikan arahan peletakan jaringan sarana dan prasarana di perkotaan sesuai dengan distribusi penduduk dan jumlah penduduk yang direncanakan.

                Pengalaman individu terhadap mata kuliah ini adalah saya mendapatkan banyak hal dari aspek kewilayahan dan perkotaan yang diaplikasikan di wilayah studi. Dalam prosesnya, saya dapat mengenali masalah dan isu di wilayah studi, potensi yang ada di wilayah studi, bagaimana keterkaitan antar aspek di wilayah studi, hingga keterhubungan wilayah studi dengan wilayah lain yang ada di sekitarnya. Dalam mata kuliah ini juga memberi proses bagi saya untuk mengenali dan membedakan aspek kewilayahan dan aspek perkotaan hingga cara memberikan perencanaan di kedua komponen tersebut. Dimana spesifikasi di kedua komponen berbeda. Seperti yang telah disebutkan diatas, kewilayahan memiliki aspek lokasi dari ekonomi, sedangkan perkotaan difokuskan pada perencanaan fisik karena merupakan pusat aktifitas dan ekonomi dari suatu wilayah. Proses dalam mata kuliah ini bukan hanya terjadi pada substansi mata kuliah, namun berproses juga dalam kerjasama antar tim. Dalam penyusunan rencana berupa rencana pembangunan dan pengalokasian jaringan sarana dan prasarana tentu tidak dapat dilakukan secara individu, butuh saran dan masukan dari beberapa pihak sehingga dalam penyusunan terdapat perbedaan pendapat. Mata kuliah ini mengajarkan bagaimana mahasiswa harus mempertimbangkan segala pendapat dari berbagai pihak untuk kemudian sesuai dan cocok diimplementasikan terhadap wilayah studi masing-masing. Hingga akhirnya tujuan, sasaran dan target serta indikasi program dibuat untuk mendukung program perencanaan wilayah dan kota di wilayah studi.

                Saya adalah anggota kelompok 5 yang mendapat wilayah studi Kecamatan Nguntoronadi. Setelah berjalannya mata kuliah studio perencanaan wilayah dan kota selama satu semester, tentu menjadikan saya berproses seperti yang diharapkan dari substansi mata kuliah tersebut. Saya sebagai individu yang sadar akan tugas perencana dan mengerti akan proses untuk menuju ke tahapan tersebut. Dan tentunya saya menjadi paham akan potensi dan masalah yang ada di wilayah studi. Potensi yang ada di Kecamatan Nguntoronadi banyak, seperti potensi alam, potensi dalam kegiatan ekonomi seperti industri-industri yang berpotensi dan ada di hampir seluruh desa di Kecamatan Nguntoronadi.

                Satu desa yang membuat saya berkesan adalah Desa Semin, yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Nguntoronadi. Desa yang ternyata memiliki banyak potensi dan sudah mendapat penghargaan di tingkat nasional. Desa dengan ketahanan pangan mandiri dan dapat menciptakan berbagai inovasi sehingga mampu menarik minat masyarakat luar untuk mengunjungi desa tersebut. Dan pengetahuan ini saya dapatkan dari mata kuliah studio perencanaan wilayah dan kota. Desa yang menarik dengan kemauan masyarakatnya untuk bersama-sama membangun potensi di desa mereka. Pada dasarnya desa ini tidak memiliki potensi alam apapun, dan dengan kemauan masyarakatnya dalam menciptakan potensi sendiri sehingga menjadi desa yang sekarang. Potensi ini seperti penanaman sayuran di polybag yang ada di setiap halaman rumah warga. Selain itu potensi di desa ini adalah buah naga organik yang menjadi ciri khas desa tersebut. Dan buah naga yang ada ditanam di setiap pekarangan rumah warga. Dari sinilah awal mula modal penghargaan ketahanan pangan mandiri dan memiliki potensi lokal.

                Potensi Desa Semin tidak berhenti hanya di desanya, ternyata potensi tersebut memberi dampak terhadap wilayah sekitarnya. Hal ini dapat dilihat pada desa sebelahnya, yaitu Kelurahan Beji yang sekarang sudah mulai menanam sayuran dan buah naga di pekarangan rumah warga. Walaupun belum sekonsisten di Desa Semin, Kelurahan ini juga mempunyai potensi yang sama dengan Desa Semin tersebut. Jadi dampak dari pengembangan lokal dapat dirasakan bukan hanya terhadap wilayahnya sendiri, namun juga berdampak pada wilayah sekitarnya.

Categories: Uncategorized | Tags: | Leave a comment

About Kelompok BPS

28 Maret 2013

 

Bismillah, hari ini penuh rasa riang suka gembira. Kebalik? Biarin.

Ketika saya liat-liat foto di hape, foto-foto terbaru adalah foto tentang diskusi kelompok 1 SPP yang bernama BPS. 

SPP? BPS?? Apa itu? Oke, akan saya jelaskan. So, SPP itu adalah singkatan dari Studio Proses Perencanaan. What is that? Well, itu adalah salah satu mata kuliah di semester 4. Studio Proses Perencanaan adalah kuliah yang isinya udah jelas seperti namanya, belajarnya adalah proses merencanakan suatu wilayah atau kota. Trus BPS itu apa? Badan Pusat Statistik? Bukan, jadi BPS itu singkatan dari Bulukerto, Puhpelem, Slogohimo. Apalah itu ya? 

Gini, di mata kuliah itu kan bakalan mempelajari proses perencanaan suatu wilayah, jadi di tiap angkatan diberi wilayah yang berbeda-beda. Tahun ini kedapatan Kabupaten Wonogiri nih. Setiap kelompok mendapat 2 atau 3 kecamatan, so our team get 3 !! Ya, 3 kecamatan. Bulukerto, Puhpelem, dan Slogohimo yang disingkat jadi BPS.

Kelompok 1A atau yang disebut kelompok BPS ini, termasuk saya ada 11 orang jumlahnya. 4 cowok keren dan 7 cewek cantik🙂. 4 orang itu ada Slamet sebagai ketua, ada Hans, Ivan, dan Fikri. Untuk Cewek-ceweknya ada Anik, Kikio, Kikia, Tika, Isna, Prita, dan aku tentunya.

Kelompok terbentuk dari hasil test para dosen. Keren kan? Setelah menjalani tes kuesioner, terbentuklah sebuah kelompok dengan bermacam karakter (pemikir, perasa, pekerja, pengamat) saya lupa jumlah pastinya.😀

Setelah beberapa minggu berjalan, asyik juga berada di kelompok ini. Suka bikin ketawa walaupun gak sampe bikin lupa kalo ada tugas. Seseorang bilang sama saya kalo dia juga “klop” ada di kelompok ini. Unik, beda, lucu, ada semua disini. 

Sempat diskusi soal keberangkatan kesana, dan berbagai hal didiskusikan hingga malam tak terasa. Hhhhh semoga kedepannya masih sama, walau kita akan memikul beban yang berat. 

Good luck BPS ^_^ Wonogiri menanti petualanganmu ! \(^o^)/ 

 

 
Categories: Uncategorized | Leave a comment

Baru Menulis Lagi


Guys. udah lama gak nulis lagi. Disibukkan tugas kuliah, survey sana sini dan urusan mencari literatur deh. Hmmm semoga kabar pembaca baik-baik ya. Aamiin..
Menulis itu banyak godaannya kawan. Mulai dari males, ngerasa gak ada waktu (padahal ada dan luang banget), terus lebih pengen ngerjain yang lain selain nulis. Setelah kerajinan menggebu-gebu, biasanya tulisan baru setengah godaan syetan datang lagi dan jadilah tambahan draft tulisan (gini nih kebiasaan).
Dan biasanya setelah aku males ngapa-ngapain jari-jariku beralih ke keyboard musik. Setelah bosen lagi musiknya itu-itu aja yang kumainin, kayaknya tempat terindah terakhir adalah tempat tidur. yeaaah.
Ada rasa pengen menuhin blog, pengen ngelanjutin penulisan novel yang tertunda, pengen ngunjungin Pak Ali Margosim (penulis novel) untuk asistensi tulisan, tapi kembali lagi-alasan sebelumnya di atas-kepada aktivitas yang membuat rencana dan keinginanku gagal. Ditambah lagi ini lagi UTS (nah lo, ini kok bisa nulis?) gaktau pokoknya ini udah menggebu-gebu. Jadi harus segera ditulis dan di publish. (Biar gak jadi draft lagi) !
Kawanku semuanya, sudah banyak training-training motivasi yang kuikuti. Namun hanya saja itu bisa terlupa. WHY? Karena semuanya tergantung MOTIVASI DIRI dan KEMAUAN PRIBADI. Sekuat apapun orang lain mendorong, kalo individu itu tidak mau bergerak, hasilnya seperti rumus fisika F=0. Ya, gak ada gaya.
Setiap ngalami kejadian indah, sedih, menarik (pokoknya yang bisa ditulis) sebenernya pengen banget ditulis dengan segera dan di-publish. Harapannya sih bisa berguna bagi agama, bangsa, dan negara (aamiin). Tapi lagi-lagi, aku mikirnya ‘Ntar aja deh. Pasti ntar bisa kepikir lagi dan bisa nulis dengan sempurna.’ So, beneran deh sob, itu adalah GODAAN SYETAN yang harus dihindari (sebenarnya).

Ngomong-ngomong masalah nulis, jadi bingung mau nulis apa. Aku sukanya nulis-nulis artikel gitu tapi gaktau kenapa waktu tes aku dimasukkan ke kelompok fiksi. Mungkin karena puisi yang kutulis waktu tes mencairkan suasana haru :p

Jadilah aku dengan seonggok kumpulan draft yang gaktau kelanjutan kisahnya. Selanjutnya adalah terlupakan, dan tidak diketahui keberadaan foldernya. Ooooh sangat mengharukan. Dan kini, aku ingin mengutip puzzle demi puzzle cerita yang berantakan entah dimana tempatnya. Oke sekarang ini dulu ya pemirsa dimanapun anda berada.
Salam manis. ^^

Categories: Ceritaku | Leave a comment

Aplikasi Teori Lokasi Industri

Aplikasi Teori Lokasi Industri.pptx

Categories: planologi, Tugas Kuliah | Leave a comment

Aplikasi Teori Von Thunen

aplikasi von thunen di kota.pptx

Categories: planologi, Tugas Kuliah | Leave a comment

Matkul Teknik Komunikasi

Seringnya saya lupa kalau mata kuliah di semester 2 ini adalah TEKNIK KOMUNIKASI, karena berdekatan dan tugasnya tidak jauh beda dengan TEKNOLOGI INFORMASI. ^_^
Teknik komunikasi itu penting mengingat di planologi nantinya akan membutuhkan banyak orang di sekitar, membutuhkan komunikasi dengan berbagai pihak, dari orang penting di pemerintahan hingga berkomunikasi dengan warga.
Mulai dari pembuatan karya ilmiah, poster, blog, hingga web. Semuanya adalah sarana untuk berkomunikasi yang baik.
Saya tidak akan menjelaskan apa-apa saja materi yang diberikan selama perkuliahan, namun saya akan berterima kasih kepada semua pengajar teknik komunikasi yang telah mengajarkan banyak hal.😀
Penilaian saya terhadap semua pengajar sangat baik. Bukan memuji, tapi memang benar. Saya suka cara mengajar bapak dan ibu yang langsung praktek. Misalnya saat materi Presentasi yang baik, saat itu juga hampir 75% maju satu per satu mencoba ke depan kelas. Itu adalah hal yang luar biasa !
Walaupun pengajar mengkritik hasil kerjaan murid-muridnya, saya tahu itu demi kebaikan.
Pembuatan poster, dan pembuatan film yang membuat kami jadi tahu betapa indahnya sebuah perjuangan. Hingga tugas itu berakhir. Semoga tugas-tugas yang selama ini diberikan kepada kami tidak berakhir pada presentasi tugas akhir saja. Namun berguna hingga nanti. Aamiin..

Categories: Ceritaku, planologi, Tugas Kuliah | Leave a comment

Behind the Scene

Film merupakan salah satu produk tugas besar mata kuliah teknik komunikasi. Kelompok saya mengambil tema The City of Canals. Dari tema tersebut kami membuat judul “Cintaku Seindah Banjir Kanal Barat.” Disinilah kegiatan itu bermula…

Pembuatan film di sungai banjir kanal barat.


Saya merasakan serunya proses pembuatan film.
Saya yang harusnya hanya menjadi pengolah buku design, terpaksa turut serta menjadi Cameraman. Why? Karena diantara semuanya hanya saya yang dipercaya untuk menguasai kamera. Padahal saya tidak begitu mahir dalam teknik merekam. Alhasil, ketika shooting, para aktor sering mengulang action.😀
scene yang diambil kebanyakan di outdoor. dan latarnya siang. Jadi panas, tapi tetap SEMANGAT..
Pernah waktu nge-shoot di jembatan banjir kanal itu, saya berdiri di tugu bunderan dan teman-teman yang lain acting di jembatan. Banyak kendaraan lewat. Karena saya megang kamera, ada satu supir truk berhenti lalu dia bertanya, “Lagi suting ya mbak?”
Gubrak !! Aku langsung nge-cut video. dan cuma jawab dengan cengiran dan jawaban “Iya pak.” hehehe
Saat itu seperti ngerasa jadi cameraman asli gitu, diliatin banyak orang.hehehe

shoot salah satu scene🙂


Banyak suka dan duka dalam pembuatan film ini. Ada yang susah di ajak kumpul, ada yang kalau kumpul tepat waktu banget. Jadi malu kalo telat pas ngumpul. Hingga kasihan sama orang yang terlalu bersemangat ngerjain tugas ini dsedangkan yang lainnya tenang-tenang aja.
Buat kelompok tekkomku.. Prima, Andar, Mas Hendrawan, Anik, Suci, Yuliana, Wahyu nur, Mila, Devina..
Kita pernah bersama dalam satu waktu.. Semoga kekompakan kita tetap terjalin karena pernah sekelompok ^_^

Categories: Ceritaku, Tugas Kuliah | 3 Comments

Create a free website or blog at WordPress.com.